Share

SEDEKAH SANITASI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN WONOSOBO

Rabu, 26 Juli 2023
Berita / Informasi Serta Merta

SEDEKAH SANITASI

DINAS  PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN WONOSOBO

Guna mendukung percepatan Open Defecation Free (ODF) Kabupaten Wonosobo diperlukan kepedulian semua pihak, dalam upaya mengkolaborasikan semua sumber daya yang ada utamanya dari sisi sumber pendanaan. Kondisi masyarakat di Kabupaten Wonosobo saat ini, masih menyisakan rumah tangga yang belum berakses sanitasi layak dengan jumlah yang relatif masih sangat banyak. Apabila semuanya menunggu uluran bantuan pemerintah melalui dana APBD/APBN diperlukan investasi yang sangat besar serta jangka waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Dari hal tersebut di atas, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wonosobo berupaya menggali segala potensi yang ada. Salah satunya melalui gerakan Sesarengan Mbangun Sanitasi, dalam wujud SEDEKAH SANITASI yaitu gotong royong seluruh Karyawan/wati DPUPR Kab. Wonosobo dengan menyisihkan sebagian rizqinya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan prasarana sanitasi. Sedekah sanitasi ini diwujudkan dalam bentuk bantuan pembangunan Tangki Septik skala individu, dengan sasaran diprioritaskan untuk keluarga tidak mampu (miskin ekstrem) yang masuk dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Dinsos Prov Jateng (SIKS DJ)

Pada momentum Hari Jadi ke 198 Kabuapten Wonosobo, DPUPR Kabupaten Wonosobo melalui Bidang Cipta Karya secara simbolis menyerahkan bantuan Sedekah Sanitasi kepada masyarakat Desa Pulosaren Kecamatan Kepil sebanyak 9 buah tangki septik pabrikasi. Bantuan ini yang diterima langsung oleh Kepala Desa Pulosaren, Suwadi

Kepala Bidang Cipta Karya Wiryawan Widianto menyatakan, “Sudah saatnya untuk menumbuhkan kembali empati kita semua, untuk membantu sesama yang kondisi ekonominya kurang mampu. Sedangkan masyarakat yang kondisinya mampu harus bisa secara mandiri mencukupi akses sanitasinya”

“Desa Pulosaren pada tahun 2023 ini juga mendapatkan kegiatan DAK Bidang Sanitasi sehingga kegiatan ini bisa menjadi contoh kolobarasi pendanaan untuk bersama-sama mengeroyok permasalahan sanitasi agar cepat selesai”jelasnya.

“Pembangunan bantuan tangki septik ini akan dibarengkan dengan pelaksanaan kegiatan DAK Bidang Sanitasi, sehingga bisa menambah output prasarana terbangun. Desa Pulosaren bisa ODF, masyarakat yang masuk data P3KE sektor jamban juga bisa tuntas ditangani semua.”tambahnya.

Kegiatan sedekah sanitasi ini merupakan implementasi yang nyata dari tema hari Jadi Wonosobo tahun ini “Cancut Taliwondo Nyengkuyung Wonosobo Raharjo”

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA