Share

TANGGAP BENCANA DI SALURAN IRIGASI TANGDU

Senin, 08 Januari 2024
Berita / Informasi Serta Merta

TANGGAP BENCANA DI SALURAN IRIGASI TANGDU

Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo melalui Tim Operasi dan Pemeliharaan Irigasi melaksanakan Kegiatan Tanggap Bencana yaitu Normalisasi Saluran Irigasi Tandu. Kegiatan tersebut juga di dukung oleh warga pengguna air saluran irigasi tersebut, diantaranya Warga Dsn. Kleyang & Dsn. Gondang. Penenganan bencana tersebut di mulai pada hari Selasa 02 Januari 2024 sampai Hari ini masih berlanjut karena panjang irigasi yang di tangani ialah ±12 meter dengan kedalaman 2 sampai 5 meter.

“Karena curah hujan yang sangat tinggi pada hari minggu malam tanggal 31 Desember 2023 yang mengakibatkan debit air pada saluran tersebut meningkat dengan drastis sehingga mengakibatkan lantai saluran irigasi bocor, akibatnya tanggul dan sawah milik warga hanyut terseret arus aliran.” Ungkap Lukman sekalu Pelaksana Pemliharaan Irigasi DPUPR.

Tepatnya di Hekto Meter (HM) 33 lantai irigasi tersebut jebol yang mengakibatkan sawah warga di sebelah kiri irigasi hanyut tersapu aliran air. Selain di HM 33 juga terjadi tebing lorsor di HM 27 yang dimana mengakibatkan saluran irigasi menjadi sempit dan dangkat.

Diharapkan kepada Teman PUPR dan semua Warga untuk berhati - hati dan selalu waspada, mengingat cuaca di wilayah Kabupaten Wonosobo ini masih tergolong ektrim untuk saat ini. Khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar atau area yang berpotensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA